Electronic Commerce (E-Commerce) adalah proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan computer. E-commerce juga mengandung pengertian sebagai penyebaran, pemasaran jasa, melalui system elektronik seperti internet atau jaringan computer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik,system manajemen inventory otomatis dan system pengumpulan data otomatis.
Seluruh definisi yang dijelaskan di atas pada dasarnya memiliki kesamaan yang mencakup komponen transaksi (pembeli, penjual, barang, jasa dan informasi), subyek dan obyek yang terlibat, serta media yang digunakan (dalam hal ini adalah internet).
Perkembangan teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lain diseluruh dunia. Dengan menghubungkan jaringan komputer perusahaan dengan internet, perusahaan dapat menjalin hubungan bisnis dengan rekan bisnis atau konsumen secara lebih efisien. Sampai saat ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce, sehingga istilah E-Commerce pun menjadi identik dengan menjalankan bisnis di internet.
Pertukaran informasi dalam E-Commerce dilakukan dalam format digital sehingga kebutuhan akan pengiriman data dalam bentuk cetak dapat dihilangkan. Dengan menggunakan sistem komputer yang saling terhubung melalui jaringan telekomunikasi, transaksi bisnis dapat dilakukan secara otomatis dan dalam waktu yang singkat. Akibatnya informasi yang dibutuhkan untuk keperluan transaksi bisnis tersedia pada saat diperlukan. Dengan melakukan bisnis secara elektronik, perusahaan dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan pengiriman informasi. Proses transaksi yang berlangsung secara cepat juga mengakibatkan meningkatnya produktifitas perusahaan.
Dengan menggunakan teknologi informasi, E-Commerce dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat memberikan respon. Penggunaan E-Commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam bersaing.
Dari segi keamanan, E-Commerce tergolong bisnis yang cukup aman, asalkan kita dapat berhati-hati di setiap kegiatan transaksinya. Transaksi dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu adalah dengan cara COD (Cash On Delivery) yaitu antara penjual dan pembeli bertemu secara langsung dan melakukan kegiatan transaksi, selain itu juga dapat di lakukan kegiatan transaksi transfer, dengan pembeli mengirimkan sejumlah uang yang digunakan untuk membayar barang yang dibeli, dan penjual mengirimkan barang pada alamat si pembeli, dan masih bayak cara lain yang dapat di gunakan.
Produk yang biasanya di jual pada bisnis E-Commerce biasanya berupa barang maupun jasa. Segala macam bentuk barang dapat di jual, maupun jasa. Sasaran pemasaran pun bermacam-macam, karena seluruh kalangan sudah tidak asing dengan perangkat internet, maka sekarang siapapun dapat mengakses internet. Dengan begitu, berbagai macam barang dan jasa dapat di tawarkan di kegiatan bisnis E-Commerce.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar